1. KERAJINAN TANGAN BATU AKIK




Demam batu akik menjalar di seluruh provinsi di Indonesia. Berbagai macam jenis batu akik dari masing-masing daerah, memiliki ciri khas tersendiri. Daerah Baturaja pun terkenal dengan salah satu jenis batu akik seperti spritus. Batu akik baturaja yang terkenal dan bernilai tinggi berasal dari daerah di desa Tanjung Lengkayap kecamatan Lengkitikabupaten Ogan Komering Ulu provonsi Sumatera Selatan.


Kepopuleran batu akik baturaja semakin dikenal orang dan semakin banyak orang yang mencari batu ini. Supaya tidak dibohongi orang ketika membeli, maka diperlukan pengetahuan tentang ciri khas batu akik asal dari kabupaten Baturaja Provinsi Sumatera Selatan tersebut. Ciri-ciri batu cincin Baturaja ini diantaranya memiliki serat kura, serat halus, serat awan, serat udang. Warna Batu akik ini identik dengan warna “biru langit” yang terbentuk dari proses alam dengan jangka waktu yang sangat lama.


Batu akik Baturaja menjadi mata pencaharian penduduk lokal karena hasil yang begitu menggiurkan. Sehingga berdampak positif bagi masyarakat, yang sekarang mengalami dampak dari merosotnyo harga karet sehingga masyarakat mendapatkan hasil dari penambangan dan penjualan dari batu akik tersebut. Namun ini juga berdampak negatif dikarenakan kelestarian alam akibat penambangan menjadi terganggu, untuk itu dibutuhkan peran masyarakat dan pemerintah untuk menjaga keseimbangan alam.


Untuk itu dibutuhkan peran pemerintah dalam mengembangkan kerajinan batu akik ini dengan membuat wadah bagi para pengrajin. Dibuat sentra-sentra kerajinan yang akan menjadi ciri khas Baturaja, yang tidak hanya sebatas ketika batu akik Baturaja ini sedang digandrungi orang atau musiman. Tetapi dibuat untuk jangka panjang sebagai cindera mata khas dari Baturaja kedepan, sehingga kapanpun orang ke Baturaja tetap bisa mendapatkan cindera mata dari bahan batu akik ini.


2. KERAJINAN TANGAN SONGKET




Usaha kerajinan tangan tenun songket Dikabupaten Ogan Komering Ulu dikembangkan di Desa Keban Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) dengan memberdayakan warganya karena punya nilai jual.


Pengembangan ini menjadi salah satu kegiatan Badan Usaha Desa (BUMDes) Desa Keban Agung, Kecamatan Semidang Aji. Usaha kerajinan ini tergolong dibilang sukses dengan banyak nya pesanan dari warga sekitar dan luar Daerah Kabupaten OKU.


3. KERAJINAN TANGAN RESAM




Kerajinan tangan dari bahan resam adalah asli khas Kabupaten OKU yaitu berasal dari Desa Bandar Agung Kecamatan Lubuk Batang. Seperti diketahui produk kerajinan tangan resam hang ugan khas OKU pernah ikut dipamerkan diajang pameran bergengsi yaitu Trade Expo Indonesia yang digelar pada Bulan Oktober Tahun 2017 di Gedung Indonesia Convention Exhibition BSD Tangerang dan di buka secara laangsung Oleh Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo.


Produk Resam ini mampu menyisihkan para pesaingnya dari 17 Kabupaten Kota di Sumsel dan mewakili sumsel untuk mengikuti pameran yang diikuti oleh 75 Negara. Bahkan Produk yang Handmade serta ramah lingkungan karena terbuat dari tumbuhan alami mampu mencuri perhatian Negara Luar diantaranya yakni Jepang, Arab Saudi, dan India. Ketiga Negara ini melakukan penjajakan untuk kerja sama pemesanan, bahkan jepang telah memesan kerajinan tangan resam hang Ugan sebanyak 1000 Pcs atau satu kontainaer berupa topi musim panas.