1. SEPAK TAKRAW




Sepak Takraw adalah merupakan salah satu jenis Olah raga tradisional yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu sama seperti di daerah lainnya di Indonesia. Permainan ini sampai sekarang masih aktif dimainkan oleh anak anak muda baik di Kampung kampung mau pun di Kota. Sepak Takraw adalah jenis Olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli . permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melayu ( 634- 713 ) dan dikenal sebagai sepa raga dalam bahasa melayu.bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.


“Sepak” berarti gerakan menyepak sesuatu dengan kaki, dengan cara mengayunkan kaki ke depan atau kesisi. sdangkan “Takraw” berarti bola atau barang bulat yang terbuat dari anyaman rotan. jadi Sepak Takraw adalah sepak raga yang telah di modifikasikan untuk menjadikannya sebagai suatu permainan yang kompetitif.


Peraturan yang digunakan pemain Olahraga Sepak Takraw adalah :
1. Pemain dilarang menyentuh bola dengan tangan.
2. Setiap pemain memiliki maksimal jatah 3 jali juggling ( menyentuh bola berturut-turut )
3. Tempat posisi pemain bertahan, tak dapat di rolling

Pada pemain Sepak Takrawini terdiri 1 team ataupun regu terdiri dari 4 orang pemain, dimana 3 pemain ini inti sebagai tekong, apit kanan dan apit kiri dan 1 orang pemain lagi sebagai cadangan. biasanya pemain tekong ini memiliki tugas sebagai penyepak awal untuk mulai permainan ini. sedangkan untuk tugas dari apit kanan dan apit kiri sendiri mengumpan bola kepada tekong saat sedang melakukan yang namanya service awal.


2. PENCAK SILAT




Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yg berasal dari indonesia. Induk Pencak Silat Indonesia ( IPSI ). Pencak silat adalah plahraga bela diri yg memerlukan banyak konsentrasi. biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran Pencak Silat yg khas . misalnya, Di Daerah Kabupaten OKU terkenal dengan istilah Kuntaw. Kuntaw adalah jenis bela diri tradisional Pencak Silat di Daerah OKU.


Pencak silat juga dipertandingkan dalam sea games sejak tahun 1987 di luar indonesia juga banyak penggemar pencak silat seperti di Australia,Belanda,Jerman, dan Amerika.


Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara , bahkan untuk mengharumkan nama bangsa , dan menjadi identitas bangsa . olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional di indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat , dengan banyaknya aliran ini menunjukan kekayaan budaya masyarakat yg ada di Indonesia dengan nilai-nilai yg ada di dalamnya .


Seni bela diri pencak silat mengandung beberapa aspek nilai,diantaranya yaitu mental spiritual,seni budaya,bela diri,olahraga.Dalam perlombaan pakaian pesilat harus berwarna hitam,dengan sabuk sesuai dengan sudutnya (merah dan biru).


3. EGRANG




Egrang adalah permainan tradisional yang juga merupakan olahraga tradisional Egrang mempergunakan bambu dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kecepatan dengan menempuh jarak yang telah ditentukan. permainan ini sudah cukup dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia dan sering dilombakan pada acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus.


Permainan egrang dilakukan oleh anak-anak, remaja, dewasa dengan tujuan pengisi waktu luang, bermain dan meningkatkan kemampuan Motorik. manfaat yang akan dirasakan oleh pelaku permainan ini adalah kegembiraan, kualitas kebugaran, dan bersosialisasi. alat untuk bermain egrang terbuat dari epasang bambu bulat, permainan tradisional egrang ini sering dilakukan di lapangan berumput, di stadion, atau tanah dataran. jumlah lintasan dibuat sesuai dengan kondisi ukuran area yang dipergunakan.


Pemenang dalam permaina ini ditentukan berdasarkan kecepatan waktu, artinya bahwa peserta yang mampu mencapai garis finish itulah yg ditetapkan sebagai pemenang.


4. BAKIAK




Bakiak termasuk salah satu Olahraga Tradisional yang merupakan permainan tradisional di Kabupaten Ogan Komering Ulu, permainan ini hampir ada diseluruh Daerah di Indonesia. Bakiak dimainkan secara bersamaan dalam 1 kelompok atau regu. bakiak merupakan terompah deret dari papan bertali karet yang panjang alat yag digunakan yaitu berupa sandal yang dibuat dari kayu. sepasang sandal dapat dipakai untuk 3 sampai dengan 5 orang anak. permainan ini melatih kekompakan serta konsentrasi anak, karena anak-anak diajarkan untuk berjalan bersama-sama dengan satu pasang sandal secara bersamaan. kelompok atau regu yang mencapai garis finish paling pertama dengan kompak itulah yang memenangkan permainan bakiak tersebut.


Bakiak biasanya berupa kayu panjang mirip seluncur ag diberi beberapa selop akan tetapi, kali ini akan diberi sesuatu yang sedikit berbeda yaitu bakiak tali. dimana untuk selop tersebut digantikan dengan tali, yang panjangnya diperkiraan sampai ke tangan ( sebagai pegangan ).


bakiak juga sering dijadikan ajang perlombaan pada saat 17 agustus. tak hanya anak-anak permainan ini dilombakan oleh ibu-ibu serta bapak-bapak untuk meramaikan acara.


5. TARIK TAMBANG




Tarik tambang adalah salah satu olah raga tradisional yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. pertandingan ini melibatkan 2 regu bertanding dari 2 sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. di tengah-tengah terdapat pembatas erupa garis. masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat ungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas dinyatakan kalah.


Teknik permainan pada penempatan pemain, kekuatan tarik da pertahanan tumpuan kaki di tanah. pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan.


6. BALAP KARUNG




Satu lagi olahraga tradisional di Kabupaten OKU sekaligus permainan yang populer saat peringatan hari kemerdekaan RI yakni balap karung. Peserta wajib menggunakan karung dari bawah hingga setengah badan kemudian berlomba-lomba mencapai garis finish sebagaimana perlombaan lari biasa diadakan.